Makanan Indonesia

Sabtu, 22 Mei 2010

SURABI

Surabi atau serabi adalah makanan khas Indonesia dan berasal dari Jawa Barat (Sunda) yang bentuknya seperti pancake namun lebih kecil dan tebal, terbuat dari tepung beras. Surabi dibakar dengan menggunakan alat tradisional yaitu tungku dan cetakan khusus dari tanah liat. Surabi ini memiliki banyak rasa, dengan rasa yang dianggap paling original khas Sunda yaitu surabi oncom.

NASI TIMBEL

Nasi timbel adalah nasi putih biasa yang panas lalu dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang sensational.. Makanan khas Indonesia juga yang berasal dari daerah Jawa Barat.

RENDANG
Randang.jpg
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

AYAM BETUTU

Betutu adalah masakan kebanggaan masyarakat Bali. Biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang.

KETOPRAK

Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Ketoprak berasal dari Jakarta.

KERAK TELOR
http://farm4.static.flickr.com/3042/2928995458_e556a67f78.jpg
Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

KLEPON

Klepon (dibaca: Klê-pon) adalah kue tradisional Indonesia, dari Jawa. Ini adalah kue nasi yang direbus, lalu ditaburkan gula Jawa (kelapa), dan bentuknya di rol. Klepon berwarna hijau sebab ketika direbus ditutupi oleh Pandan.

PEMPEK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6ryIF4-_-VmMOdH5r4aNyYO0kvvoCUiSVvMrsglKnvmca5eyHuORXx2Ym4EQqzcXRSIMAb87iRUgnfaKKevYzfHGQ9oMO-goYx5QVU37vVqrauW710chl_sVcQrcr1y8B1ab73DBFXusz/s320/pempek1.jpg
Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan, Indonesia memproduksinya.

TIWUL
http://vtrediting.files.wordpress.com/2009/12/tiwul-khas-gunung-kidul.jpg
Tiwul, atau Thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul (Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari.
Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

0 komentar:

Essential